Menyusutnya Laut Aral


Bencana yang terjadi di laut aral merupakan salah satu bencana di wilayah laut yang luar biasa. Laut aral merupakan laut yang membatasi Kazakhstan dan uzbekistan.
Sekitar tahun 1960 dan tahun 1990-an, laut aral menyusut hingga hanya tersisa sekitar setengah ukuran aslinya. Laut aral merupakan tempat bermuaranya dua buah sungai. Namun, air dari kedua sungai itu terlebih dahulu diambil untuk digunakan sebagai pengairan pada tanaman budidaya dan juga untuk minuman penduduk sekitar. Hal inilah yang menyebabkan air yang sampai ke laut aral makin sedikit.
Ketika volume air laut aral berkurang maka air lautnya berubah menjadi lebih asin dan tercemar. Laut aral telah berkurang airnya semenjak tahun 1960. Air yang berkurang tersebut sekitar setengahnya. Daerah yang dahulunya merupakan dasar laut kini telah menjadi gurun.
Dan ada beberapa kota yang berada di tepi laut aral telah ditinggalkan salah satu contohnya adalah kota muynak. Kota muynak dahulunya merupakan pelabuhan dekat pantai,sedangkan sekarang kota tersebut berjarak sekitar 70 km dari pantai, artinya penyusutan air laut tersebut sangat banyak.

Iklan

Silahkan Menulis Komentar. Kamentar anda sangat saya harapkan. Baik yang berupa kritik, saran ataupun pujian, hehehe.Terima Kasih yang sudah berkomentar.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s