Gangguan Pendengaran


Tuli merupakan keadaan seseorang yang tidak dapat mendengar suara, tuli dapat bersifat sementara ataupun permanen karena tergantung dari penyebabnya. Ketulian bisa diakibatkan oleh bawaan lahir, kecelakaan, atau infeksi penyakit.
Bila ketulian dialami sejak lahir umumnya akan diikuti dengan kebisuan. Hal itu terjadi karena sejak lahir bayi tidak pernah mendengar suara yang semestinya dipelajari. Pada umumnya, jenis tuli ini disebabkan oleh infeksi rubella (campak jerman), influenza, dan gondong. Penyakit ini ditularkan ibu hamil pada triwulan pertama di masa kehamilan ibu. Secara garis besar penyebab ketulian dapat dibagi menjadi tiga:
1. Ketulian Konduktif, dikarenakan adanya gangguan penghantar suara dari telinga tengah ke telinga dalam. Kelainan ini terjadi umumnya karena adanya tumor disaluran telinga luar atau tengah, infeksi telinga tengah, dan kelainan tulang telinga.
2. Ketulian neurosensorik, ketulian yang disebabkan oleh kerusakan syaraf pendengaran telinga dalam. Biasanya dipengaruhi oleh infeksi, obat, ketuaan, dan polusi suara.
3. Ketulian sentral, terjadi karena kerusakan syaraf pusat otak. Penyebab ketulian sentral umumnya karenakecelakaan dikepala.

Iklan

2 comments on “Gangguan Pendengaran

Silahkan Menulis Komentar. Kamentar anda sangat saya harapkan. Baik yang berupa kritik, saran ataupun pujian, hehehe.Terima Kasih yang sudah berkomentar.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s