Palung


PALUNG
Palung adalah jurang yang berada di dasar laut. Jumlah palung di laut sangat banyak. Palung terbentuk karena pergerakan dua lempeng yang saling mendekati , tetapi dengan pola penyusupan atau pola subduksi. Biasanya, terjadi antara lempeng samudra dengan lempeng benua karena massa jenis lempeng samudra lebih besar dari pada massa jenis lempeng benua.
Palung yang terdalam adalah palung Mariana, yang terletak di samudra Pasifik.
Palung Mariana
Palung mariana adalah palung yang paling dalam, dan lokasi terdalamnya berada di kerak bumi. Palung Mariana berada di dasar barat laut SAmudra Pasifik, sebelah timur kepualau Mariana atau sekitar 11 21 garis lintang utara dan 142 12 garis bujur timur.
Palung Mariana merupakan batas di mana dua lempeng tektonik bertemu. Dasar dari palung ini jauh di bawah permukaan laut, dengan kedalamannya melebihi dari ketinggian gunung Everest di atas permukaan laut.
Kedalaman palung Marianan mencapai sekitar 10.911 meter di bawah permukaan laut. Palung Mariana ini ditemkan pada tahhun1951 oleh kapal Angkatan laut Britania, Challenger 11. Oleh karena itu, titik kedalaman tersebut dinamakan kedalaman challenger.
Nama-Nama palung
Jumlah palung di lautan sangat banyak, diantara nama palung tersebut adalah :
• Palung Sumatra –Jawa di sepanjang barat Sumatra – jawa
• PAlung banda di laut Banda
• Palung Mindanau
• Palung Sunda

Iklan

Silahkan Menulis Komentar. Kamentar anda sangat saya harapkan. Baik yang berupa kritik, saran ataupun pujian, hehehe.Terima Kasih yang sudah berkomentar.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s