Waktu Akikah


Tanya : Orang yang tidak diakikahi pada hari ke tujuh disebabkan orang tua tidak mampu pada hari tersebut atau tidak tahu bahwa tuntutan akikah itu pada hari tersebut , bolehkah dilaksanakan pada hari lain seperti pada hari Qurban?
Jawab : Melaksanakan akikah adalah menyampaikan syukur pada Allah yang telah memberikan anak baru. Dengan biasanya menyembeli kambing se ekor kambing untuk bayi perempuan dan dua ekor kambing untuk bayi laki-laki yang dagingnya dimasak dan dibagikan kepada tetangga dan sanak famili.
Pelaksanaan akikah ini bagi yang mampu dan yang mengetahui, bagi yang tidak mampu dan tidak mengetahui maka tidak dituntut untuk melakukan hal tersebut.
Adapun pelaksanaannya apakah boleh dilakukan selain hari ketujuh? Karena akikah merupakan tanda kesyukuran yang TIDAK muwaqqad mudhayyaq. Artinya “dipastikan benar waktunya”, contohnya zakat fitrah kalau harus diberikan sebelum melakukan sholat idul fitri . Maka, aqiqah dapat dilakukan pada hari lain setelah dia mampu atau tahu tentang hakikat akikah tersebut, namun yang perlu diperhatikan tidak harus dikhususkan pada hari qurban saja, boleh dilakukan kapan saja tanpa mengkhususkan hari tertentu.
Sumber : Buku Tim PPM Majlis Tarjih

Iklan

Silahkan Menulis Komentar. Kamentar anda sangat saya harapkan. Baik yang berupa kritik, saran ataupun pujian, hehehe.Terima Kasih yang sudah berkomentar.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s