Gambar

Menjadi Pendengar Yang Baik


MENJADI PENDENGAR YANG BAIK

Apabila anda ingin menjadi pribadi yang diterima dan membuat senang orang lain dengarkanlah pembicaraannya jika mereka sedang berbicara dihadapan Anda, yaitu dengan menggunakan dua telingga, dua mata serta hati dan wajah yang berseri-seri. Sebab penyambutan terhadap lawan bicara adalah cermin kenyamanan Anda ketika menemuinya.

Ibnu Abbas r.a mengatakan, “ Tiga hak yang harus aku penuhi untuk teman bicaraku : (1) Memandangnya dengan kedua mataku jika ia menghadapku, (2) meluaskan tempatnya ketika ia duduk di suatu majlis, (3) dan mendengarkannya dengan seksama ketika ia berbicara.

Abu ‘ibad mengatakan : “ Hak pembicara atas pendengarannya adalah konsentrasi untuknya, mendengarkan pebicaraannya, menutupi rahasianya, dan memahami kekurangannya”.

Tidak mendengarkan dengan seksama pembicaraan orang lain adalah adab yang tidak sopan dan kurang santun dikarenakan memunculkan kebencian dan penghinaan terhadap orang lain. Sikap cuek terhadap pembicaraan orang lain biasanya dengan mengalihkan pandangan kesana kemari, membaca buku, memasang wajah muram, bahkan beranjak dari hadapan sebelum menyelesaikan pembicaraannya, memotong ditengah pembicaraan, menyetop pembicaraan dan sebagiannya. Semua perilaku tersebut tidak dibenarjkan bahkan akan menimbulkan kedengkian dan menebarkan keburukan.

 

Iklan

11 comments on “Menjadi Pendengar Yang Baik

Silahkan Menulis Komentar. Kamentar anda sangat saya harapkan. Baik yang berupa kritik, saran ataupun pujian, hehehe.Terima Kasih yang sudah berkomentar.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s